Posted by Budidaya Perairan UBB on Kamis, 04 Februari 2010 in ,
1. Pendidikan Agama
2(2 – 0)
Mengkaji aspek yang berhubungan dengan mahluk, dan sifat serta kekuasaan Allah SWT. Mempelajari keRasullan dan Syariah islam, menganalisa hubungan manusia dengan dirinya, dengan manusia lain, dengan alam/lingkungan. Menganalisa islam untuk disiplin ilmu, mengkaji budaya islam, mempelajari iman, ibadah sholat, puasa zakat dan haji.

2. Kewarganegaraan
2(2 – 0)
Wawasan Nusantara, Ketahanan Nasional dan Politik, Strategi Pertahanan Nasional sebagai landasan memahami Sistem Pertahanan Rakyat Semesta. Memupuk dan meningkatkan kesadaran nasional bermasayarakat, berbangsa dan bernegara dengan menjujung tinggi Hak Asasi Manusia secara universal sesuai dengan UUD’ 45, Pancasila dan Ketatanegaraan.

3. Pancasila
2(2 – 0)
Memberi landasan keimanan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa yang kokoh untuk membangun sikap dalam berinteraksi dengan lingkungan masyarakat dan mengembangkan budaya toleransi dan prasangka positif kepada sesama umat manusia dalam sendi-sendi kehidupan sehari-hari.

4. Bahasa Indonesia 2(2 – 0)
Ejaan bahasa Indonesia, pemakai dan penulisan huruf, penulisan kata, penulisan unsur serapan, alat komunikasi, tanda baca, tata kalimat, kalimat minim, kalimat minor, kalimat inti, kalimat transformasi, kalimat tunggal, kalimat majemuk, kalimat efektif, paragraf, kesatuan, koherensi, kerangka karangan dan pengembangannya.

5. Bahasa Inggris 2(2 – 0)
Memahami dan mengetahui artikel Bahasa inggris yang berkaitan dengan ilmu pendidikan, berlatih dan terampil dalam listening, comprehension, writing, dan translating Bahasa Inggris yang berkaitan dengan ilmu dibidangnya masing-masing dalam bahasa inggris. Memahami struktur kalimat dalam Bahasa inggris dan lebih mengenal test TOEFL

6. Matematika 3(3 – 0)
Membahas himpunan dan pengolahannya, pengantar hitung peluang, aljabar pernyataan, induksi matematika, himpunan ganda kartesius, hubungan, fungsi dan pengolahannya, vektor dan matriks serta himpunan persamaan linier. Peran ilmu matematika dalam kehidupan sehari-hari dan hubungannya dengan terapan ilmu lain


7. Fisika 3(1 – 2)
Membahas topik sistem satuan, analisis dimensi, kinematika, dinamika fluida, gerak harmoni, dan gerak gelombang, hukum gas, kalor, konduksi, konveksi dan radiasi, hukum termodinamika, medan listrik, potensial listrik, arus listrik, rangkaian DC/AC, cahaya, sifat cahaya dan fisika modern.

8. Kimia Anorganik 3(1 – 2)
Bahan dan pengukuran, teori atom, stoikiometri, gas elektron, dalam atom, daftar periodik dan sifat-sifat atom, dasar ikatan kimia, campuran kesetimbangan dan asam basa, kimia lingkungan.

9. Kimia Organik 3(1 – 2)
Meliputi konsep dasar ikatan kovalen, sifat fisik, kimia struktur dan reaksi-reaksi yang berhubungan dengan gugus fungsional (senyawa hidrokarbon, alkil halida, alkohol, eter dan senyawa yang berhubungan, aldehid dan keton, asam karboksilat dan turunannya, amina dan amida, serta senyawa makro molekul/penyusun kehidupan).

10. Biologi Umum 3(2 – 1)
Konsep hidup, asal mula kehidupan, sel sebagai satuan terkecil kehidupan, teori sel, jaringan dan organ, keanekaragaman makhluk hidup, metabolisme, mekanisme evousi, reproduksi, populasi, kumunikasi, ekosistem, tingkah laku hewan, proses-proses dasar evolusi dan bioteknologi

11. Biokimia 3(1 – 2)
Telaah tentang proses-proses biokimia yang terjadi pada biota perikanan. Aplikasi dan kaitan proses tersebut dalam peningkatan produk perikanan. Aspek siklus energi hayati, gizi dan regulasi metabolisme.

12. Pengantar Ilmu Ekonomi 3(1 – 2)
Ruang lingkup ekonomi produksi meliputi fungsi produksi dan fungsi biaya, dan masalah-masalah dalam pendugaan produksi, efisiensi produksi dan skala ekonomi serta implikasinya untuk usaha perikanan.

13. Kewirausahaan 3(1 – 2)
Memberikan pengertian akan unsur-unsur kewirausahaan perikanan meliputi identifikasi pasar, peluang usaha, upaya peningkatan produksi dan orientasi pasar.

14. Dasar-dasar Manajemen 2(2 – 0)
Mempelajari Dasar manajemen dan tujuannya, hakekat dan prinsip, unsur dan ruang lingkup, kedudukan dan masalah, keputusan dan prinsip pembuatan keputusan, fungsi manajemen, perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan, bisnis dan tanggung jawab sosial.


15. Statistika 3(3 – 0)
Konsep dasar statistika, peluang dan sebaran, statistika deskritif, pendugaan nilai tengah populasi, analisis regresi dan korelasi, perancangan percobaan, analisis ragam dan aplikasi computer untuk analisis data

16. Perancangan Percobaan 3(3 – 0)
Mempelajari pengertian, peranannya dalam penelitian ilmiah dan prinsipdasar perancangan percobaan. Jenis-jenis rancangan dan analisis ragamnya: rancangan acak lengkap (klasifikasi satu arah), rancangan acak kelompok(klasifikasi dua arah) dan rancangan bujur sangkar latin. Pembandinganberganda dan pembandingan ortogonal. Transformasi data untuk data yangdisifati oleh heterogenitas ragam galat. Percobaan faktorial : pengaruh utama dan interaksi, faktorial 2 faktor dan 3 faktor.

17. Metode Ilmiah 2(1 – 1)
Filsafat ilmu dan metode ilmiah, tahapan metode ilmiah, penyusunan usulan penelitian, penyusunan karya ilmiah (skripsi, laporan praktek lkerja, poster, artikel), teknik penyajian ilmiah (seminar dan poster).

18. Pengantar Ilmu Perikanan 2(2 – 0)
Memberi gambaran umum tentang potensi sumberdaya hayati dan prospek peluang perikanan serta kebijaksanaan pemanfaatan secara lestari, optimal dan berkelanjutan.

19. Ekologi Perairan 3(2 – 1)
Membahas pengertian dasar ekosistem, faktor-fakor pembatas perubahan populasi, komunitas, habitat, proses suksesi dan penelaahan komponen dalam suatu komunitas, klimaks dalam lingkungan perairan.

20. Ikhtiologi 3(2 – 1)
Membahas secara umum organ tubuh ikan serta fungsinya, sistematika, ekobiologi, distribusi, dan pengenalan ikan-ikan ekonomis penting.

21. Biologi Perikanan 3(1 – 2)
Membahas dinamika daur hidup ikan dari telur sampai dewasa, reproduksi, makanan dan tumbuhan

22. Fisiologi Reproduksi Ikan 3(1 – 2)
Membahas tentang prinsip mekanisme proses fisiologis dan metabolisme serta konsep homeostasi dan bioenergetika, proses sirkulasi, respirasi, pencernaan osmoregulasi, dan reproduksi.




23. Dasar-Dasar Budidaya Perairan 3(1 – 2)
Membahas tentang prinsip-prinsip pemanfaatan produktivitas perairan dan pengelolaan budidaya ikan dan jasad perairan lainnya.

24. Penyakit Ikan 3(1 – 2)
Mempelajari berbagai macam jenis parasit dan penyakit ikan, cara diagnostik, pengendalian serta penanggulangannya.

25. Manajemen Lingkungan Budidaya 4(2 – 2)
Menelaah kualitas dan kesuburan perairan agar dapat menciptakan kegiatan budidaya yang efisien, ekonomis, dan lestari. Pembahasan meliputi prinsip teknologi pengelolaan wadah dan kualitas air dan kesuburan media budidaya perairan dan pengelolan air buangan dari kegiatan budidaya agar dapat mendukung tingkat kelayakan usaha budidaya.

26. Budidaya Perairan Tawar 3(1 – 2)
Membahas tentang teknik budidaya organisme akuatik di perairan tawar, khususnya proses pendederan dan pembesaran.

27. Budidaya Perairan Payau 3(1 – 2)
Membahas tentang teknik budidaya ikan dan ono ikan di perairan payau dan laut dengan penekanan pada proses pendederan dan pembesaran.

28. Budidaya Perairan Laut 4(2 – 2)
Mempelajari berbagai sistem dan teknologi pembesaran jasad perairan laut. Pemilihan komoditas dan lokasi budidaya, teknik dan pengelolaan, budidaya binatang dan tumbuhan air, sea ranching. Pengadaan dan penanganan benih. Perencanaan produksi, organisasi, pengendalian dan evaluasi proses produksi budidaya perairan laut, permasalahan dan prospek pengembangannya.

29. Fisika Kimia Perairan 3(1–2)
Menelaah komponen dan proses fisika-kimia tanah dan air yang mendasari fenomena kualitas lingkungan akuakultur dan interaksinya dengan organisme air, proses fisika-kimia yang terjadi di dalam perairan serta pengaruh dan interaksinya dengan kehidupan organisme air dan kegiatan budidaya ikan

30. Limnologi 3(2 – 1)
Morfologi perairan tawar. Tipe distribusi dan sifat fisika kimia dan biologi perairan tawar. Peranan cahaya, pola distribusi suhu, oksigen terlarut, karbondioksida, pH dan reduksi oksidasi. Siklus unsur hara berkaitan dengan proses produktivitas perairan. Peranan bahan organik dan detritus serta pengantar aspek bioluminologi



31. Produktivitas Perairan 3(2 – 1)
Produktivitas primer dan sekunder pada berbagai ekosistem yang berbeda (perairan tergenang dan mengalir tipologi perairan) cara pengukuran dan komponen penyusunnya peranannya sebagai penduga kesuburan dan tingkat saprobik (bio indikator)

32. Teknik Pengembangbiakan Ikan 3(1 – 2)
Menelaah tentang faktor-faktor eksternal (lingkungan) dan internal dalam pengembangbiakan ikan-ikan, teknik-teknik perangsangan pemijahan, pengembangan induk, fertilisasi dan dan inkubasi telur serta pemeliharaan larva.

33. Budidaya Ikan Hias 2 (1 – 1)
Teknik budidaya ikan hias ekonomis penting, sifat-sifat biologi, produksi benih dan pembesaran. Desain dan tata ruang tempat/wadah budidaya ikan hias, alat bantu dan sarana budidaya.

34. Budidaya Pakan Alami 3(1– 2)
Pengenalan berbagai pakan alami yang biasa digunakan pada budidaya perairan, penjelasan tentang teknik-teknik budidayanya serta penanganan produknya.

35. Teknik Pembuatan dan Pemberian Pakan Ikan 3(1 – 2)
Teknologi pembuatan pakan ikan meliputi penyiapan dan rekayasa bahan baku, formulasi dan pembuatan serta penyimpanan pakan buatan, juga manajemen pemberian pakan dikaitkan dengan pengaruh terpadu jenis organisme budidaya, kualitas media dan teknik budidaya perairan.

36. Pengendalian Parasit Penyakit Ikan 3(1 – 2)
Mempraktikan cara-cara meningkatkan kesehatan ikan budidaya dengan teknik pencegahan, perlindungan, dan pengobatan ikan dari serangan penyakit yang disebabkan oleh serangan penyakit yang disebabkan oleh serangan parasit dan mikroorganisme pathogen lainnya

37. Nutrisi Ikan 3(1 – 2)
Membahas tentang dasar-dasar dan penerapan ilmu nutrisi, mencakup fungsi, metabolisme dan kebutuhan nutrisi ikan. Selajutnya mempelajari kualitas nutitif bahan pakan berdasarkan evaluasi fisik, kimia dan biologi.

38. Dasar-dasar Genetika Ikan 3(2 – 1)
Material dasar pada penurunan sifat, khususnya mengenai DNA dan kromosom ikan. Genetik fenotip, kualitatif dan kuantitatif. Pemenfaatan keragaman fenotip dan seleksi ikan. Strategi penerapan dalam genetika ikan dalam budidaya ikan




39. Avertebrata Air 3(2 – 1)
Struktur anatomi dan morfologi reproduksi, daur hidup, habitat hewan avertebrata air dan peranannya dalam sumberdaya perairan. Fungsi organ dalam reproduksi dan pertumbuhan avertebrata air.

40. Dasar-dasar Mikrobiologi Akuatik 3(2 – 1)
Mempelajari jasad mikroba akuatik meliputi taksonomi, morfologi, metabolisme dan reproduksi dari pada bakteri, virus, cendawan, alga, dan protozoa. Dibahas juga mengenai metode isolasi dan identifikasi serta kepentingannya dalam kegiatan akuakultur maupun perikanan.

41. Parasitologi Ikan 3(2 – 1)
Mempelajari dan mengidentifikasi organisme parasit pada ikan yang meliputi protozoa, cacing, dan krustase; hubugan inang-parasit, ekologi parasit dan peran parasit sebagai indikator biologis ikan; serta teknik pengendalian parasit secara fisika, kimiawi, dan biologis

42. Manajemen Pencemaran 3(2 – 1)
Mata kuliah manajemen Pencemaran Lingkungan ini berisi tentang arti dan konsep pencemaran lingkungan, sumber-sumber dan proses terjadinya pencemaran udara, air dan daratan, pengaruh pencemaran terhadap biota air, pengaruh kegiatan perikanan terhadap lingkungan dan peran perikanan itu sendiri dalam mengurangi dan mengatasi pencemaran tersebut.

43. Manajemen Pemberian Pakan 3(2 – 1)
Dasar-dasar teknologi pemberian pakan ikan (bentuk, distribusi pakan, tingkat pemberian, frekuensi, waktu, tempat dan prasarana pemberian pakan), dikaitkan dengan pengaruh terpadu jenis ikan budidaya, kualitas media budidaya dan jenis biotik budidaya perairan.

44. Manajemen Kesehatan Ikan 3(2 – 1)
Mempelajari permasalahan penyakit dalam kegiatan budidaya perairan, cara-cara pengendalian penyakit ikan di pembenihan dan pembesaran ikan secara regional, legalitas dan aspek hukum karantina serta pengelolaan kesehatan ikan secara terpadu.

45. Program Penyuluhan Perikanan 3(2 – 1)
Mempberikan pengertian dasar dan prinsip penyuluhan, peranan komunikasi difusu dan adopsi inovasi dalam penyuluhan. Pengembangan dan pembinaan kelompok. Metode, materi dan sarana penyuluhan. Perencanaan/program dan evaluasi penyuluhan. Peranan/kebijaksanaan penyuluhan dalam pembangunan perikanan.



46. Rekayasa Wadah budidaya 3(2 – 1)
Mempelajari kondisi hidrotopografi dan tanah bagi keperluan rancang bangun perwadahan dan sarana budidaya ikan. Survai, pemetaan, tata ruang, tata air dan konstruksi wadah serta alat bantu untuk budidaya perairan.

47. Biologi Laut 3(1 – 2)
Membahas tentang dunia kehidupan laut berdasrkan keanekaragaman flora dan faunanya, prinsip-prinsip biologi yang mengatur organisme dan kelangsungan hidup organisme dan sosiasinya.

48. Oseanografi 3(1 – 2)
Gambaran secara umum mengenai laut dan fenomena yang terjadi di laut, meliputi aspek oseanografi fisika, kimia, dan biologi. Metode pengamatan dan cara analisis parameter fisika, kimia, dan biologi laut

49. Pengolahan Data Perikanan 3(1 – 2)
Pengenalan komputer dan sistem aksploitasinya. Penguasaan paket program pengolahan data, manajemen data dan data base teladan-teladan terapan dibidang perikanan.

50. Penanganan dan Pengangkutan Ikan 3(2 – 1)
Teknologi transportasi komuditas perikanan daridalam air sampai ke konsumen dengan pertimbangan volume, mutu dan harga jual.

51. Manajemen Panti Benih 3(1 – 2)
Rancangan proses produksi dan pemilihan teknologi pembenihan ikan air tawar, payau dan laut. Intensitas penggunaan dan penyediaan sarana produksi, penjadwalan serta pengawasan penerapan teknologi dan proses produksi.

52. Pemasaran Hasil Perikanan 2(1 – 1)
Konsep dasar, fungsi dan proses pemasaran, konsep harga dan biaya, pengertian penawaran dan permintaan, sifat pemasaran hasil perikanan, peranan pemerintah dan pemasaran.

53. Manajemen Usaha Budidaya Ikan 3(1 – 2)
Mempelajari berbagai sistem dan teknologi pembesaran jasad budidaya perairan. Strategi pemilihan komuditas, peranan dan fungsi manajemen, perencanaan produksi, organisasi dan pengendalian proses produksi dengan memperhatikan faktor kritis.

54. Pengantar Teknologi Hasil Perikanan 3(1 – 2)
Memberikan tentang pengetahuan teknik pengolahan hasil perikanan baik secara tradisional maupun modern. Memberikan gambaran tentang prospek tentang penguasaan teknik pengolahan hasil perikanan pada masa mendatang.

55. Sosiologi Perikanan 2(2 – 0)
Memberikan pengetahuan dan pemahaman beberapa teori sosiologi yang penting, sehingga mereka dapat melakukan analisis sosiologi terhadap masyarakat perikanan. Selain itu, berbagai isu atau masalah dibidang perikanan akan dibahas pula.

56. Renang 1(1 – 0)
mengenal dan melakukan permainan dalam air, menghilangkan rasa takut, mengenal sifat-sifat air dan memiliki pengetahuan macam-macam permainan dalam air.
57. Pengelolaan BBI Tawar dan Bahari 3(2 – 1)
Perencanaan dan perancangan proses produksi benih dan pemilihan teknologi dalam pembenihan ikan air tawar dan ikan air laut. Penyediaan sarana produksi dan intensitas penggunaannya, penjadwalan dan pengawasan proses produksi sesuai dengan teknologi yang diterapkan.

58. Penanganan dan Pengankutan Ikan 2(1 – 1)
Menjelaskan tentang dasar-dasar penanganan ikan dan non ikan yang ekonomis penting. Penanganan dan transportasi komoditi perikanan hidup, teknik preparasi

59. Agribisnis Perikanan 2(2 – 0)
Memberikan pengetahuan dan konsep agribisnissebagai suatu sistem dan keterkaitan antara subsistem-subsistem, pelaku-pelaku dan lembaga-lembaga penunjang agrbisnis, dan peranan agribisnis dalam pembangunan nasional.

60. Manajemen Bisnis Perikanan 2(2 – 0)
Memberikan pengetahuan untuk menguasai dan menrapkan konsep, prinsip manajemen agribisnis dan segi peneyelenggaraan produksi, pengelolaan keuangan, pemasaran, sumberdaya manusia serta berbagai permasalahan kontemporer agribisnis. dalam penanganan ikan, sarana penunjang dan permasalahan penanganan ikan di Indonesia.

61. Politik dan Kebijakan Perikanan 2(2 – 0)
membahas tentang pembangunan perikanan di Indonesia, model strategi pembangunan, kebijakan-kebijakan yang diambil oleh pemerintah dalam mengembangkan sektor perikanan.

62. Praktek Lapang 3(3 – 0)
Merupakan sarana aplikasi dari pengetahuan yang telah diperoleh selama mengikuti pendidikan dalam rangka memperoleh keterampilan dan gambaran realitas dari sistem pengelolaan industri hasil perikanan.

63. Magang 3(0 – 3)
Memberikan pengalaman, pengetahuan praktis, keterampilan mengenai berbagai aspek kegiatan perikanan dilapangan.
64. Seminar 2(0 – 2)
Seminar merupakan saran untuk mendiskusikan hasil penelitian yang telah dilakukan serta memperoleh saran/input dari peserta seminar.

65. Skripsi 6(6 – 0)
Penelaahan dan pemecahan masalah secara ilmiah bidang pembenihan atau pembesaran ikan dalam kaitannya dalam tugas-tugas penelitian di lapangan atau di laboratorium









0 Responses to “DAFTAR MATA KULIAH”:

Poskan Komentar