Posted by Budidaya Perairan UBB on Kamis, 04 Februari 2010 in ,
Pembekuan udang merupakan proses penanganan udang secara modern yang paling lazim digunakan. Selain tidak merubah penampilan dan tekstur, juga memiliki daya awet yang lama yaitu mencapai 2 tahun. Sehingga waktu pengiriman yang lama sekitar 1-2 bulan hingga mencapai konsumen luar negeri tidak mempengaruhi kualitas produk. Sebagian besar udang yang dipanen di Indonesia baik melalui penangkapan maupun budidaya, diproses melalui pembekuan. Produk beku lebih diminati dibanding produk olahan lainnya karena masih merupakan produk setengah jadi dan dapat diproses kembali menjadi produk lain.

Proses pembekuan udang secara umum adalah sebagai berikut :

  1. Udang diterima dari suplier dan tambak dalam kondisi Head On (HO) dalam box dengan pendingin es. Udang diterima pada bagian penerimaan untuk dicuci ozon dan dilakukan sampling size maupun mutu udang. Selain itu dilakukan juga uji chlorampenichol yang sering kali digunakan oleh petambak udang. Uji ini dilakukan atas permintaan konsumen yang mengharapkan zero antibiotik. Sementara penggunaan antibiotik masih seringkali digunakan oleh petambak udang.
  1. Setelah penerimaan bahan baku berupa HO adalah dilakukannya proses potong kepala yaitu melepaskan bagian kepala udang dan badan udang, serta membersihkan kotoran yang terdapat diantara badan dan kepala udang. Hasil dari proses ini adalah udang head less atau HL.
  2. Udang HL ini kemudian disortir secara otomatic dengan mesin pengatur berat atau ukuran sehingga lebih seragam ukurannya. atau menggunakan mesin grading yang mengatur volume tubuh udang untuk memisahkan udang berdasarkan size.
  3. Udang hasil sortir dikupas sesuai permintaan. Ada beberapa jenis kupasan yaitu PND (peel and diveined), PUD (peel un diveined), PDTO (peel diveined tail on) dan BTO ( Buterfly tail on). Ada juga beberapa jenis kupasan lain.
  4. Udang hasil kupasan dibekukan dengan mesin pembeku. Ada beberapa macam metode pembekuan : IQF (individual quick frozen), Air blast freezer, contact plate freezer.
  5. Udang hasil pembekuan dipacking sesuai permintaan buyer.

1 Response to “Proses Pembekuan Udang”:

Posting Komentar